jump to navigation

Praktikum pada Mata Kuliah Sintesis Bahan Organik (KIM328) September 4, 2017

Posted by luthfan.irfana in Mata Kuliah S1, SBO. trackback

Tulisan singkat ini saya buat untuk melancarkan pelaksanaan praktikum mata kuliah Sintesis Bahan Organik (KIM328) pada Program Studi Sarjana (S1) Kimia di Departemen Kimia, FMIPA, IPB. Praktikum pada mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan pengalaman “sintesis di dunia nyata” pada semua pesertanya. Pengalaman ini kemudian diharapkan dapat memperkuat pemahaman teori sintesis kimia organik yang didapatkan di kelas dan dari membaca pustaka secara mandiri. Jadi, saya sampaikan pada rekan-rekan sekalian yang mengambil mata kuliah ini, nikmatilah praktikum ini agar semua jemu dan gelisah yang Anda rasakan di kelas berujud menjadi pemahaman yang kuat dan bermanfaat di kehidupan nyata kelak.

Berikut adalah beberapa link untuk mengunduh berkas-berkas yang dibutuhkan dalam pelaksanaan praktikum mata kuliah Sintesis Bahan Organik (KIM328)

TIPS UNTUK DAPAT MENIKMATI PRAKTIKUM SBO

me.nik.mati
Verba (kata kerja)
(1) merasai (sesuatu yang nikmat atau lezat): kami menikmati makan minum;
(2) mengecap; mengalami (sesuatu yang menyenangkan atau memuaskan): menikmati hasil kemerdekaan

Bagi saya pribadi, sebagai seorang kimiawan pemula, kutipan mengenai “menikmati percobaan kimia” dari Ira Remsen (1846-1927) berikut memberikan makna tersendiri yang sangat mendalam dan menggetarkan djiwa, silakan disimak.

While reading a textbook of chemistry, I came upon the statement, ‘nitric acid acts upon copper’…and I [was] determined to see what this meant. Having located some nitric
acid….I had only to learn what the words ‘act upon’ meant…. In the interest of knowledge I was even willing to sacrifice one of the few copper cents then in my possession. I put one
of them on the table; opened the bottle marked ‘nitric acid’ poured some of the liquid on the copper; and prepared to make an observation. But what was this wonderful thing which
I beheld? The cent was already changed, and it was not a small change either. A greenish blue liquid foamed and fumed over the cent and the table. The air… became colored dark
red…. How could I stop this? I tried by picking up the cent and throwing it out of the window…I learned another fact; nitric acid… acts upon fingers. The pain led to another unpremeditated experiment. I drew my fingers across my trousers and discovered nitric acid acts upon trousers….I tell it even now with interest. It was revelation to me. Plainly the only way to learn about such remarkable kinds of action is to see the results, to experiment, to work in the laboratory. “(Adopted from Gutman, 1940) ~ CHEMISTRY EDUCATION:
RESEARCH AND PRACTICE 2004, Vol. 5, No. 3, pp. 247-264

Luar biasa bukan? Betapa rasa penasaran si kecil Remsen yang tinggi terhadap makna suatu frasa (act upon) yang ia baca dalam suatu buku kimia mendorongnya  mengorbankan salah satu koin tembaga dari sedikit harta yang dimilikinya saat itu untuk direaksikan dengan asam nitrat. Betapa bernafsunya ia saat itu ketika melihat koin tersebut dirusak secara kejam oleh asam kuat, hingga jiwanya berteriak How could I stop this? Betapa dahaga pengetahuan membuatnya buta akan penderitaan sakitnya terbakar asam nitrat ketika ia secara ceroboh merogoh koin tersebut  dengan tangan telanjangnya… hingga mengantarkannya pada pemahaman baru… asam nitrat juga bereaksi dengan jari dan kain… dan betapa pengalaman sederhana yang luar biasa itu mewahyukan secara lantang

“… the only way to learn about such remarkable kinds of action is to see the results, to experiment, to work in the laboratory”.

dalam benaknya yang masih polos… dan betapa hebatnya minat yang terus dipelihara dan diasah sejak dini itu dapat menguatkan seorang bocah dari New York yang dipaksa menjadi dokter medis itu bertahan dari siksaan fakultas kedokteran, memperoleh gelar MD, dan pindah ke Jerman untuk mengejar cinta sejatinya… Kimia… menemukan sakarin (pemanis buatan), hingga menjadi rektor ke-2 John Hopkins University.

Itulah kimia, ilmu tentang susunan, sifat, dan reaksi suatu unsur atau zat, kajian luar biasa yang manfaatnya bagi kehidupan modern banyak dinihilkan bahkan malah dikriminalisasi orang kebanyakan… Ilmu ini, dan cabang Ilmu Pengetahuan dasar lainnya, seringkali dianggap aneh dan tidak berguna oleh masyarakat yang sejatinya hanyalah gumpalan elektron yang mengelilingi inti. Mungkin, hal ini terjadi karena wahana utama yang dapat mengantarkan orang pada pemahaman kimia masih sangat jarang bisa dinikmati oleh kebanyakan pelajar… di semua tingkat pendidikan di Negeri ini.

Lewat tulisan yang mungkin sudah kelewat ngelantur ini saya ingin berpesan pada semua peserta mata kuliah SBO,

Inilah kesempatan Anda untuk menikmati konsep-konsep sintesis bahan organik secara langsung di laboratorium; Manfaatkanlah sebaik-baiknya untuk memuaskan rasa penasaran kalian; Mengapa? Karena tidak semua mahasiswa Kimia IPB akan mendalami sintesis (khususnya organik) untuk tugas akhirnya… dan sebelum Anda merasakan “nikmatnya” siksaan percobaan sintesis organik… Anda belum menjadi mahasiswa kimia yang utuh”

Untuk itu, saya sarankan Anda agar mulai…

  1. Mencari [with whatever means you could] semua artikel jurnal, buku, dan/atau skripsi yang diacu oleh penuntun praktikum SBO dan mulai memahami seluruhya sebelum praktikum dimulai.
  2. Hubungkan setiap momen “gagal paham” yang Anda dapatkan di kuliah SBO dengan semua observasi [sekecil apa pun itu] yang Anda dapatkan di lab… meskipun kasusnya tidak sama persis… reaksi organik diatur oleh suatu pola yang sederhana. Untuk hal ini, Asisten Praktikum SBO yang tamvan-tamvan dan syantik-syantik akan dengan senang hati membantu Anda.
  3. Anggaplah produk target yang Anda kejar di setiap percobaan seolah seperti gebetan Anda sendiri… perhatikan setiap langkah PDKT yang Anda lakukan [di dalam maupun di luar jam praktikum] agar si doi mau berujud menjadi dia yang pertama dan terakhir
  4. Be careful, be observant, be super curious, and the most important thing, have fun!

Tertanda PJP SBO yang paling hitz

~LiF~

Comments

Sorry comments are closed for this entry